4 Strategi Dasar Digital Marketing Yang Mudah Dilakukan Pebisnis Pemula
Di era digital seperti sekarang ini, Anda akan
tertinggal jika usaha yang dijalankan tidak menerapkan prinsip digital
marketing strategy. Oleh karena itu, pebisnis di zaman sekarang harus sadar dan
paham seperti apa strategi digital marketing yang layak diterapkan untuk
mengembangkan usaha.
Anda bisa membandingkan antara pengusaha yang menerapkan strategi digital marketing dan yang tidak. Bisa dipastikan, mereka yang menerapkan strategi tata kelola usaha dengan jaringan digital marketing memiliki prospek bisnis yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak menerapkannya.
Baca juga: Tanpa Modal, Ini 16 Kesempatan Usaha Jasa Online yang Menciptakan Uang
Digital marketing sangat berpengaruh terhadap
closing penjualan karena lini yang ditargetkan memiliki cakupan lebih luas.
Inilah 4 strategi dasar digital marketing yang mudah dilakukan pebisnis pemula.
1. Memanfaatkan Social Media Marketing Itu Wajib Hukumnya
Hampir semua orang di muka bumi ini memiliki media
sosial untuk berinteraksi. Karena itu, alangkah ruginya kalau Anda tidak
memanfaatkan social media marketing sebagai salah satu strategi untuk berpromosi
demi menjangkau pasar yang lebih luas.
Anda dapat
melakukan berbagai macam langkah promosi melalui platform media sosial, seperti
Facebook, Instagram, Twitter dan Linkedln, dan lainnya. Namun sebagai langkah
awal, mulailah terlebih dahulu dengan mempelajari cara kerja tiap media sosial,
siapa saja penggunanya, dan bagaimana mereka berinteraksi. Selanjutnya, buatlah
konten yang menarik terkait produk dan jasa yang mau Anda tawarkan.
Baca juga: Cara Mudah Untuk Melakukan Post Schedule di Facebook
Konten yang dibuat bisa dalam bentuk caption
disertai foto produk berkualitas terbaik, video, animasi, infografis, kombinasi
video dan caption, banner, dan sebagainya. Lakukan secara rutin untuk
memproduksi konten ini sambil terus melakukan pengamatan yang detail di
berbagai fitur promosi yang tersedia di masing-masing media sosial.
Nanti sejalan dengan waktu, Anda akan segera tahu
mana media sosial yang cocok untuk produk Anda dan bagaimana langkah
selanjutnya yang harus Anda lakukan agar strategi promosi yang Anda harapkan
bisa berjalan dengan baik. Jangan lupa mengusahakan agar followers atau
pertemanan Anda di sosial media terus bertambah sehingga potensi audiens atau
calon pelanggan yang melihat postingan Anda dari waktu ke waktu juga semakin
banyak.
Jika Anda memiliki modal atau anggaran iklan yang
lebih, Anda dapat memanfaatkan fasilitas iklan yang ditawarkan masing-masing
sosial media, misalnya dengan memasang iklan di Instagram Ads atau Facebook
Ads. Hasilnya akan jauh lebih efektif dan dapat menjangkau audiens dengan lebih
sempurna.
2. Memasang Iklan Berbayar
Jika modal Anda cukup besar untuk dialokasikan
sebagai dana promosi digital, Anda bisa mulai memikirkan pemanfaatan iklan
berbayar. Ketika memasang iklan berbayar, baik dengan memanfaatkan social media
ads, Google Ads, dan sebagainya, pastikan Anda memperhatikan tiga hal penting
berikut, yaitu pengunjung, budget dan commerciality. Untuk lebih jelasnya
mengenai cara pemasangan iklan berbayar yang menguntungkan, Anda bisa membaca
artikel lain yang tersedia di Redcomm Knowledge.
Baca juga: Manfaat Memakai Facebook Ads serta Jasa Iklan Fb Ads
3. Mulai Kirimkan Email Marketing
Promosi secara personal dan menjalin keterikatan
yang lebih baik dengan calon pelanggan maupun pelanggan setia adalah dengan
mengirimkan email marketing. Salah satu cara email marketing yang paling banyak
dilakukan disebut dengan istilah newsletter marketing. Pernahkah Anda
mendapatkan kiriman newsletter di email Anda?
Newsletter marketing adalah suatu fitur modern
email marketing yang memungkinkan pelanggan mendapatkan update terbaru dari
suatu situs yang mempromosikan suatu produk maupun jasa. Cara melakukan
aktivasi newsletter sangat mudah. Dengan trik tertentu, Anda bisa mendorong
pengunjung situs untuk memasukkan alamat email kemudian menekan tombol
subscribe.
Baca Pula: 3 Peluang Bisnis di Tahun 2022 Ini, Cukup Menjanjikan
Dari database alamat email yang berhasil
dikumpulkan, Anda tinggal memasukkannya ke pengaturan situs. Ketika ada update
terbaru pada situs, email marketing akan bekerja secara otomatis dengan
mengirimkan newsletter ke alamat email yang telah terdaftar. Cara yang satu ini
menjadi strategi digital marketing terbaik untuk melakukan promosi jangka
panjang tanpa perlu terlalu banyak action.
4. Pastikan Anda Menerapkan Teknik SEO secara Benar
SEO atau Search Engine Optimization menjadi suatu
istilah populer yang ada kaitannya dengan peringkat web atau situs di search
engine. Dalam pemeringkatan situs, SEO ini sangat penting untuk diperhatikan,
yaitu dengan cara menetapkan kata kunci yang dibidik.
Baca juga: Jasa Pembuatan Google Bisnisku Bergaransi 100%
Beberapa teknik SEO yang dapat diterapkan oleh
pebisnis pemula:
Backlink: link yang terdapat di website orang lain
menuju ke website Anda. Outbound link: link dari situs orang lain yang
dimasukkan di website Anda. Internal link: link yang menghubungkan antara satu
konten dengan konten lainnya di dalam website Anda sendiri. White hat, grey
hat, dan black hat SEO: merupakan teknik SEO yang bisa digunakan. Namun
sebaiknya, hindari penggunaan teknik black hat SEO karena akan sangat berbahaya
bagi website Anda.
Baca juga: 7 Peluang Usaha Mahasiswa Tanpa Mengganggu Perkuliahan dan Tetap Produktif
Itulah 4 Strategi Dasar Digital Marketing yang Mudah Dilakukan Pebisnis Pemula. Artinya, walaupun Anda masih baru bergerak di dunia digital dan pemasaran online, jangan khawatir. Keempat strategi dasar ini sangat mudah dipelajari dan diterapkan. Ada banyak artikel pendukung di website berandakita.or.id ini jika Anda membutuhkan referensi.
0 komentar:
Posting Komentar